Friday, April 6, 2012

Umrah part.2

Yaaaak. langsung lanjyuuut aja yuaaaah!

Izan baru liat contekan nih, ternyata Izan nyampe Jeddahnya jam 18.15 waktu Jeddah. Begitu keluar pesawat udaranya ternyata dingiiiin sekaliii! Izan sampe kaget. Kata Ummi pesawat itu mendrat di airport haji Jeddah. Airportnya cuma tenda-tenda aja, jangan bayangin airport kece kaya Dubai. Setelah masuk, urus imigrasi, ambil barang akhirnya orang-orang sholat Magrib sekalian Isya di jamak qasar di airport. Jamak qasar itu artinya sholatnya dikorting trus dikerjainnya di gabung di satu waktu gitu daaah katanya Ummi.

mesjid Haram

Lanjut deh kita naik bus ke Mekkah masih dalam ihram. Kita udah niat Umroh pas di pesawat, Ummi udah nyuruh Izan bilang "labika Allahumma umrotan" . Kita makan malamnya di bus pake nasi box. Makannya ayam bakar yang ternyata pedes sama ikan goreng tepung. Lumayaaan... Selama di bis orang-orang nyanyi "labaik Allahumma labaiik...." berulang-ulang.  Izan juga ikutan sebentaran. Abis itu Izan bobok deh....

Tau-tau begitu bangun udah sampe Mekkah, kata Ummi itu sekitar jam 11 malam. Dingiiiiin sekali udaranya malam itu, Izan pake sweater. Abang Rafi-Rasyid yang pake ihram sampe menggigil begitu keluar bus, tapi tetap semangat untuk umrah. Kita langsung deh masuk loby hotel yang namanya Ajyad Makarim, sambil nunggu di check-in-in. Di hotel ini Izan sekamar sama Ummi, Aunty Nadya, Nenek Netty, sama Inyiak Daf. Sementara Ayah sama Inyiak Najib dan Inyiak Is. Di kamar cuma sempet ganti pampers aja, trus Ummi pakein izan baju and celana dobel biar nggak kedinginan trus langsung deh turun lagi ke lobby untuk berangkat umrah.

Berangkat deh kita semua ke mesjid Haram nyaris tengah malam itu. Izan sukaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!! Mesjidnya kaya yang Izan sering liat di tv, di pajangan, di hp Ayah, di gambar di mana-mana. Izan udah diiming-imingin Ummi bakalan liat ka'bah, jadi pas mau masuk mesjid Izan udah nggak sabaran deh pengen liat langsung. Ka'bah itu besaaaaar!!!!! Heboooh deh Izan waktu liat ka'bah.:))

Langsung deh kita tawaf keliling Ka'bah. Izan digendong sama Ummi selama tawaf. Sebelumnya Izan udah dikasi tau waktu umrah itu bakalan ngapain aja, jadi Izan insyaAllah siap tempur deh. Rameee banget orang yang tawaf. Kata Pak Ustad, jauuuuh di atas langit Ka'bah itu, itu tempat kerajaannya Allah katanya. Izan suka tawaf. walaupun sempet ketiduran di tengah-tengah tawaf, ngantuuuk.

Setelah tawaf Ayah Ummi, Inyiak, Nenek, Aunty, Pakde Adi, Abang Rafi sama Abang Rasyid sholat sunat di belakang hijr Ismail. Izan tetep digendongan Ummi :). Looooh, Bunda Diny sama adek Rayyan kemana? Bunda tinggal di hotel karena lagi nggak boleh masuk mesjid. Jadi nggak bisa ikutan umrah sama-sama malam itu.

Setelah solat sunnah, Izan kebangun deh. Langsung diminumin air zam-zam sama Ayah Ummi. Kita semua minum air zam-zam waktu itu. Langsung siap tempur untuk sa'i di Hajar-Aswat.

Selama sa'i Izan masih digendong Ummi. Masih rame-rame. Tapi begitu ditengah-tengah akhirnya Ummi sama Ayah minta jalan duluan, katanya Ummi kalau jalannya cepet capeknya jadi nggak terlalu kerasa. Abang-abang juga masih semangat tuh nerusin umrahnya, walau pun udah mulai capek. Sampe akhirnya Inyiak cariin kursi roda buat abang-abang duduk gantian. Di tengah-tengah sa'i Izan bobok lagi dah sebentar.... ngantuuuuk. Abis itu Izan digendong Ayah, Ummi udah encyooook hehehehe....

Akhirnya kita selesai sa'i, ditutup sama tahalul. Tahalul itu potong rambut minimal 3 helai. Izan juga ikutan doooong. Dan selesai deh umrah kitaaaaak.... Alhamdulillah! :)

Terus kita pulang lagi ke hotel, lalu tidurrrrrrrrrr...... grooookkkk......

Selama di Mekkah kita selalu sholat di mesjid Haram. Err... kecuali shalat subuh setelah umrah karena tepaaaarrr... eh sholat subuh hari besoknya juga nggak deng hehehe. Izan selalu berangkat ke mesjid sama Ayah Ummi, eh sempet juga sekali berangkat sama Ummi nenek and Aunty. Mesjidnya nggak jauh dari hotel, cukup naik stroller aja hahahaha...

nunggu azan Ashar di lantai 2 mesjid sehabis tawaf sama Ayah Ummi :)

Di hari setelah umrah, Izan sama Ayah Ummi tawaf lagi setelah solat Ashar. Kali itu gendongnya gantian Ummi sama Ayah. Selama di Mekkah, Izan shalatnya seringnya sama Ummi dan pernah sekali sama Ayah, dan Izan ikut shalat juga. Ikut berdiri, ikut ruku, sujud, duduk, sampe salam, kadang-kadang ikut duduk sama Ummi sementara Ummi ngaji. Akibatnya Izan sering dikasih hadiah sama orang-orang. Hampir setiap shalat adaaa aja yang kasih permen, biskuit, wafer, coklat... apa aja. Alhamdulillah.

Malam ketiga di Mekkah, kita diundang sama saudaranya Inyiak di Mekkah untuk makan malam di rumahnya.Jadiiiiih, kata Ummi ada deh ntah berapa generasi sebelum Izan ke atas dari garisnya Inyiak (bahkan mungkin 1 atau 2 generasi sebelum Inyiak) yang hijrah ke Arab, terus berketurunan di sana. Nah jadi lah itu saudara-saudara yang sering menjamu keluarganya Inyiak kalau pas lagi ada yang umrah atau haji. Gitu juga kalau mereka lagi main ke Indonesia. Jadi malam itu setelah shalat magrin di mesjid,  rame-rame deh kita dijemput ke rumah Om Mekkah. Izan soalnya nggak inget nama Omnya. Lagian kata Ummi itu bukan Om, tapi Inyiak juga kalik... tau dah!

kita semua di rumahnya Om Mekkah.. eh baru inget, kalo nggak salah namanya Om Jafar.. eh atau kakek Jafar? :p Tapi ini ada nggak semua tuan rumah ikut foto.

Makanan yang disuguhin makanan Indonesia. Ada sop buntut, jadi Izan bisa ikutan makan. Oh ya, selama di Mekkah Izan makannya pinter lhooooo. Di rumah itu kita yang anak-anak banyaaaak dikasih hadiah. Ada mainan, macem-macem biskuit, coklat, permen.... kayaaaaa deh kitaaaaak! HAhahahahaha.... Begitu pulang lagi ke hotel, tepar! Para Inyiak-inyiak itu ngobrolnya lama sekali sampe malem _ _ "

Nah, besoknya adalah hari kedua terakhir kita di Mekkah. Tapiiiii ada lagi nih saudaranya Inyiak yang mau menjamu kita semua, dan rumahnya di Jeddah. Sebenernya saudara yang udah sering menjamu justru emang yang ini nih. Namanya Baba Abduh. Baba itu artinya bapak.

Jam 9 pagi itu jadwanya jalan-jalan sama rombongan tur buat ziarah dan napak tilas rasul ke gua hira (liat dari bus aja tapi yang ini), musdalifah tempat orang-orang pergi haji nginap buat nyari batu, minna tempat orang-orang pergi haji nginep selama hari jumrah, terakhir ke arofah di jabal rahmah. Sayangnya pas turun di jabal rahmah Izan tidur, jadi nggak sempet ngerasain naik unta deh. hehehe...

lumayan deeh sempet foto bareng onta walaupun nggak naik and sambil bobok :))
Om ..., Inyiak Is, Bunda Diny & Rayyan, Abang Rafi, Inyiak Nadjib, Ummi & Izan, Abang Rayid, Ayah, Ustad Hafidz, Pakde Adi ... di Jabal Rahmah.

Jam 11 kita dijemput ke Jeddah, 2 mobil. yang jemput namanya Ummi Fathihah. Harusnya sih Izan nggak panggil Ummi soalnya dia itu nenek buat Izan hehehe... Baba Abduh sama Ummi Fathihah ini punya cucu-cucu jugaaak, jadi lah kita semua main-main di situ. Baba Abduh sama Ummi Fathihah nggak bisa bahasa Inggris, bahasa Indonesia juga sepotong-sepotong.. jadi kalo ngomong sama mereka pake bahasa kalbu! hhehehehe... Tapi beberapa anak-anaknya sama menantunya ada yang bisa berbahasa Inggris dikit-dikit, jadi komunikasi bisa tetep jalan deh. Mereka ini baiiiiiik sekaliiiiiiiiii!!!

Sementara nunggu cucu-cucunya pulang sekolah, kita diem-diem dulu di rumahnya disuguhin buah-buahan, kue, sampe yang terakhir siomaynya orang Arab namanya mantu, isisnya kambing. Izan sih doyan hahaha! Karena kita komunikasinya seadanya, jadi kita-kita yang bertamu ini agak kurang ngerti niat tuan rumah sebenernya apa. Inyiak sih udah ngarep-ngarep bisa sholat asar di mesjid Haram, tapi kayanya lewat deeeh... Setelah para cucu Baba Abduh pulang sekolah, langsung lah kita berangkat ke pantai laut merah...

Ooooh jadi rupanya mau diajak main ke pantai? Lah, kok berhenti di dermaga? Kita di mobil cuma bisa nebak-nebak ini tuan rumah punya rencana apa. Bunda Diny sama abang-abang udah ngarep bisa ketemu makanan betulan soalnya si somay arab yang namanya mantu ini kurang nendang hahahahaha.... Si om yang nyupirin kita, menantunya Baba Abduh bilang pake bahasa Inggris alakadarnya kalo mereka mau bawa kita naik kapal, trus terdengar "lunch". Yang paling kedengaran di kupingnya Ummi sama Bunda cuma bagian "lunch" aja jadilah sumringah semuanya. Tapi kata si Om Arab "No, no... we're not going for lunch here, we're going to tripping on a boat." *ngekngooooook*

Jadilah kita diajak keliling-keliling di bagian sempitnya laut merah yang deket sama Jeddah naik kapal kece. Yaaaak... itu adalah pengalaman pertama Izan naik kapal....dan Izan bobok! Hahahahaha... Orang-orang Arab ini berupaya sekali untuk menjamu kita, buat mereka hiburan yang paling menyenangkan adalah main-main di laut merah.Mereka itu baik sekaliiiiiii, tapi mungkin mereka lupa, orang Indonesia cukup kenyang sama laut hehehehe... Tapi tetep aja naik kapal di laut merah itu sesuatu banget, apalagi Izan belum pernah naik kapal, walau pun ngerasainnya sambil bobo! Alhamdulillah!

Setelah muter-muter naik kapal, akhirnya kita kembali ke dermaga tadi. Bayangan bakalan menepi di sebuah pulau yang ada resto ajibnya pun buyar... hahahaha... Mereka sangat berharap kita terhibur, kita terhibur kok Baba Abduh, Ummi Fathihah, Om-Om dan Tante-Tante Arab... makasih yaaa. :)

naik kapal ini nih...
resto kece bin ajib di laut merah Jeddah

Abis itu kita masuk mobil lagi, dan akhirnya berhenti di sebuah resto kece bin ajib di pinggir laut merah. Kita semua dijamu habis-habisan. Satu meja panjaaaaaang sekali penuh dengan segala makanan, mayoritas makanan Arab. Tapi alhamdulillah ada pasta, Izan makan banyaaaaaak banget! Ummi kayanya yang paling menikmati tuh hahahahahha.... Alhamdulillah. Tapi sayang, lagi-lagi kita kelewat untuk bisa magrib di mesjid Haram, karena nggak terasa udah menjelang magrib aja.

resto kece pinggir laut
kenyang luarr biasa, sambil mantengin sunset :)

Setelah selesai makan rasanya kita semua udah nggak sabar pengen cepet-cepet ngacir balik ke Mekkah untuk ngejar shalat Isya di mesjid Haram. Tapi Baba Abduh malahan minta supaya kita nginap di rumahnya. Eaaaa... Inyiak langsung jelas-jelas nolak. Hahahah... Kalo kata Ummi, Baba Abduh sama Ummi Fathihah ini mau berusaha balas jamuannya Inyiak Daf sama Nenek Et (adiknya Inyiak) waktu mereka ke Indonesia. Mereka pernah dijamu sampe ke Bukit Tinggi, ke kampng moyangnya Ummi Fathihah dan mereka seneng banget makanya berusaha membalas.

Tapi sayaaang karena begitu kita sampe Mekkah, orang-orang sudah mulai shalat Isya. Padahal kita sampe hotel pun belum. Yaaaah... apa boleh buat.

Besoknya Izan dibangunin Ummi untuk shalat subuh di mesjid Haram. Ini shalat terakhir kita di mesjid Haram karena kita akan berangkat menuju Madinah via Jeddah jam 11 siang. Habis shalat subuh Izan ikut Ayah Ummi tawaf, kali ini Izan digendong Ayah dari awal sampe selesai. Sedih rasanya ninggalin ka'bah ...:')

dadaaaah ka'bah... semoga Izan sama Ummi Ayah sama semua rombongan bisa diundang kesana lagi yaaa... Amiiiin. :')

Sesuai jadwal kita semua berangkat naik bus menuju Madinah, tapi mampir dulu di Jeddah buat yang mau belanja di Balad, terus shalat zuhur di mesjid terapung. Waktu di mesjid terapung tiba-tiba Baba Abduh datang lagi untuk ketemu. Nggak lama kemudian anaknya yang perempuan, Aunty Maeda datang juga sama anak-anaknya bawa hadiah banyaaaaaaak banget sama buah-buahan sebaki. Alhamdulillah! Orang-orang ini baik-baik sekaliiiiii.

Waktu di mesjid terapung ada pula kejadia yang bikin deg-degan, adek Rayyan sempet hilang! Bunda sama abang-abang udah teriak-teriak manggilin sampe nangis, pakde Adi udah kelimpungan, semua orang panik. Nggak taunya Izan sama Ummi nemuin Rayyan lagi jalan-jalan santai di tempat shalat perempuan tempat kita ikut shalat tadi, di sisi lain mesjid... hehehehe. Adek Rayyan... Adek Rayyan... :*

Setelah shalat zuhur dijamak sama Ashar kita masuk lagi ke bus untuk terusin perjalanan ke Madinah. Sayangnya AC bus ini kencang sekali, dan beberapa orang di dalam bus ada yang udah mulai kena flu. Inyiak Daf sama Nenek Netty juga udah mulai flu dan batuk. Abang juga sempet demam gara-gara kecapean kemaren maen ke Jeddah seharian dan kurang minum.

Dan akhirnya sampe di Madinah pas Maghrib....

lanjut lagi besok yaaa ceritanyaaaaa....

1. Yang di Makkah itu namanya Jamal, bukan Ja'far.....

2. Dan tempat sa'I itu mungkin maksudnya safa marwa kali yak...bukan hajar aswat..itu batu hitam di sisi pintu kiri ka'bah..daaaan anaknya baba abduh yg dtg ke masjid terapung bukan onti maedaa...dia blm nikah..tp...bunda juga lupa zan..hehehe...

3. Btw zan...sisi pintu kiri ka'bah klo dr kita yg liat lo yaak...tar bunda diprotes lg sama umi...