Tuesday, April 9, 2019

Balikpapan Tanpa RW

Hallo kita ketemu lagi. Kemarin  Izan sudah bercerita tentang RT,  sekarang Izan mau bercerita tentang RW untuk tugas Izan dalam eksplorasi online. Sebenarnya tugas Izan adalah berkunjung ke rumah Pak RW untuk wawancara dengan Pak RW, mengambil foto dan mendapat cap RW. Ternyata di Balikpapan tidak ada RW lho.


Sebenarnya dulu ada RW di Balikpapan, tapi sejak 2012 RW dihapus. Makanya di sini sekarang tidak ada RW. Karena tidak ada RW jumlah KK dalam satu RT ada banyak, di RT Izan ada 350 KK lho.

RW di Balikpapan dihapus untuk mempercepat proses birokrasi.  Tahu nggak apa itu proses  birokrasi? proses birokrasi adalah proses yang melibatkan kekuasaan yang berlapis-lapis, contohnya dalam pembuatan KTP dan KK.

Biasanya kita harus ketemu pak RT untuk diberi surat pengantar ke RW, terus ketemu pak RW juga untuk diberi surat pengantar ke kelurahan, baru deh ke kelurahan untuk mengurus surat-surat. Nah setelah RW dihapus kita mengunjungi pak  RT terus langsung ke kelurahan. Tapi sejak 2018 aturanya diganti,  sekarang untuk membuat KTP dan KK kita langsung  ke kantor catatan sipil

Walaupun Izan tidak jadi wawancara, tapi Izan jadi dapat pelajaran baru nih, contohnya apa itu birokrasi, proses pembuatan KTP dan KK.

Segitu dulu yaaa ceritanya… Dadaaaaah...

No comments:

Post a Comment