Friday, January 11, 2013

Ke Banjarmasin

Haaaaaaaiiii!!!! apa kabar semuanya? How are youuuuu? Izan baik-baik aja, alhamdulillah. Sebelumnya, selamat tahun baru yaaa. Tahun ini insyaAllah Izan 3 tahun loooh. Udah tambah gedeeeek!

berangkat pagi-pagi dari rumah


Izan waktu liburan Natal sempet jalan-jalan ke Banjarmasin loh. Om Tante ada yang udah pernah ke Banjarmasin? Izan berangkat ke Banjarmasin sama Ayah Ummi naik mobil dari rumah Sepinggan. Trus mobilnya nyebrang sungai naik ferry lembeeeeet.  Ini baru pertama kali Izan jalan-jalan jauh naik mobil. Tapi Ayah Ummi udah siapin semuanya di mobil, dvd buat Izan nonton, cemilan, minuman, sama tempat bobo Izan di bawah kursi tengah yang udah di alas sama tikar and selimt dan bantal-bantal, dan teteeeeeup pake car seat juga.
istirahat tiap 3-4 jam, ini istirahat di mesjid perjalanan menuju Tanjung.


Untuk sampe ke Banjarmasin, kita nginep dulu di Tanjung semalam. Nginep di hotel Aston Tanjung. Abis itu pagi-pagi langsung deh lanjut lagi ke Banjarmasin. Ada beberapa tempat yang didatangain di Banjarmasin. Yang pertama ke waduk Riam Kanan.

nyempetin foto di tugunya Tanjung... itu ada apinya loooh!


Riam Kanan itu bagus banget loooooh. Waduk Riam Kanan itu sebenernya pusat pembangkit listrik tenaga air, tapi danaunya baguuuussss. Kita naik perahu untuk nyeberangin danau ke puai Pinus. Izan sukaaaa banget naik perahu emmmm... perahu apa dah namanya, Izan lupa. Perahunya kecil dijalanin pake mesin yang bunyinya berisik. Tapi Izan sukaaaaa, naik ke dek di atas mesin, naik ke atap, mondar-mandir di dalam kapal..... sukaaaaaaa!

foto di dalam perahu

padahal itu kita duduk di atas mesin perahu yang berisik banget...tapi seru ajeeeh!


Begitu sampai di pulau Pinus izan ngumpulin biji pinus sama Ummi. Ummi ngumpulin buat hiasan di rumah, kalo Izan sih buat dicemplungin ke danau! Di pulau itu ada jembatan kayu panjaaaang... Izan emang suka bener naik jembantan! Abis dari riam kanan, kita cari hotel deh yang udah di booking sama Ayah.

ngumpulin biji pinus di pulau pinus
jembatannya...

exploring the boat!





Kita nginep di hotel Royal Jelita. Sebelum sampe hotel bungkus KFC dulu trus makan di kamar, mandi trus bobok.

Besoknya kita jalan-jalan naik perahu ke pulau Kembang. Disitu banyak monyet-monyet. Walo pun di belakang rumah Izan suka banyak monyet, tapi di pulau ini monyetnya boleh dikasih makan hehehe... Abis itu kita keliling-keliling naik perahu deh. Tapi kali ini perahunya nggak segede kemaren. Di pulau Kembang itu monyet-monyetnya maunya dikasih kacang sebungkus, sama bungkusnya sekalian. Pulaunya jorok, kotor, banyak sampah sama papup (kotoran) monyet. Kurang asoy tempatnya.

ini di perahu menuju Pulau Kembang
ngasi makan nyemot


Siangnya Izan diajak Ayah Ummi wisata kuliner, makan soto banjar. Tempat makannya rame banget, ada grup musik tradisional segala. Kalo urusan soto banjar... Izan mah biasa aja. Abisan pake ayam kampung, keraaaaas Izan males ngunyahnya. Hari itu kita nggak jalan-jalan kemana-mana, cuma nyari durian aja, trus Ayah Ummi makan deh di mobil. Izan cuma penggembira aja. Izan suka durian kalo udah di jus!

nyempetin foto di jembatan Barito


Besoknya lagi, pagi pagiiiiiii banget Izan udah dibangunin Ummi. Kali ini kita mau ke pasar terapung lok baintan. Jalannya lumayan jauh dari kota. Begitu sampe kita ketemu sama om-om yang nawarin naik oerahu untuk lihat pasar terapungnya, soalnya pasar terapungnya selalu jalan kebawa arus jadi emang harus pake perahu lihatnya. Naik perahu lagi deh kitaaaa... kali ini perahunya nggak ada atapnya, dan si Om yang punya perahu udah nyiapin topi-topi khas orang sana buat turis. Izan suka deh naik perahu!!!!

di atas perahu mau ke pasar terapung.. pake topi yang ada di perahu

pasar terapung lok baintan
sarapan dulu deeeeh

Di pasar terapung ternyata kita cuma jalan-jalan di sungai aja... abis itu balik lagi ke tempat kita tadi naik perahu. Izan pikir kita bakalan mampir ke daratan mana gitu, makanya nanya mulu kok nggak sampe-sampe. Selama di pasar terapung Ayah beli buah-buahan: rambutan (izan doyaaaaan), buah mentega.... apa deh itu buah mentega? Abis itu kita sarapan soto banjar di atas kapal. Begitu udah mulai panas, kita pulang deh balik ke hotel.


Siangnya kita balik lagi ke Balikpapan, tentunya nginep dulu di Tanjung satu malam, di hotel yang sama. Asiiiik deh jalan-jalan... lagi dong....

No comments:

Post a Comment