Wednesday, October 7, 2020

Jurnal Refleksi Rahasia Di Balik Gambar 3

 

Hallo! kali ini aku ingin menjelaskan tentang pertemuan rahasia di balik gambar yang ketiga (dan yang terakhir). Kalau begitu kita langsung lihat isi jurnalnya yuk!

Awalnya aku pemanasan, aku harus mengekspresikan diriku dengan melihat gambar dan memilih satu kucing. Gambar yang aku lihat  adalah beberapa kucing yang lagi berenang di laut, dan setiap kucing memiliki pose yang berbeda-beda, ada yang tenggelam setengah, melompat, melayang, ada juga yang benar-benar tenggelam sampai yang kelihatan hanya ekornya saja. Kemudian aku juga disuruh melihat gambar-gambar yang lain dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan gambarnya.

Dan akhirnya aku memulai kegiatan rahasia di balik gambar. Gambar yang pertama adalah gambar dua orang berbaju merah yang dekat sekali dengan kameranya dan mereka menghadap kiri, dan jauh di depan ada beberapa orang yang bersama sapi. Opiniku adalah: ini sebuah tradisi atau ritual yang dikerjakan orang-orang ini karena bajunya dan aksesorisnya khusus. Letak gambar ini ada di Desa Winomanga, Lore timur.

gambar pertama

Kemudian aku lanjut ke gambar yang kedua. Gambarnya adalah nenek-nenek membuka jendela rumah kayu dan senyum ke arah kamera atau yang dekat dengan kamera. Opiniku: neneknya membuka jendela untuk memanggil tukang sayur di pagi hari. Kalau letak gambar ini di Desa Nenah Kumuku.

Aku sebenarnya belum pernah ke Jambi atau Poso, tapi aku  'ngegoogling' tempatnya dan aku melihat tempat-tempat wisata keren. Contoh untuk Poso: Danau Poso, Air Terjun Saluopa, dan Goa Tangkaboba. Kalau contoh untuk Jambi: Pulau Penyu, Bukit Ngarau Merangin, dan Air Terjun Talang Kemulun. Aku juga penasaran banget dengan gambar yang pertama karena aku penasaran kenapa orang-orangnya memakai baju bagus banget hanya untuk jalan-jalan di bukit dan bertemu sapi.

Aku sudah ikut tiga pertemuan rahasia di balik gambar, artinya aku sudah melihat enam gambar. Dari enam gambar tersebut ada yang aku paling suka, yaitu gambar tiga orang yang menanam terumbu karang. Karena ada beberapa teman-temanku yang beropini bahwa orang-orangnya menanam rumput laut dan akhirnya jadi saling beropini dan itu seru.

Aku sudah 'berjalan-jalan' ke enam tempat (jalan-jalan di google), ada satu dari enam tempat tersebut yang paling menarik buatku, tapi aku tidak tahu apakah aku akan pergi ke tempat itu atau tidak. Tempat itu adalah Pulau Yapen di Papua, aku research tentang tempat ini dan ternyata ada tempat-tempat seru banget di situ. Contohnya ada Pantai Inggrisau, Kampung Papuma, Pulau Aiwai, dan Pulau Ambai.

Aku juga dapat keahlian baru dari pengalaman rahasia di balik gambar ini. Aku jadi bisa lebih teliti kalau melihat suatu gambar atau foto, bisa beropini lebih bagus daripada sebelumnya, juga lebih bisa mengingat apa yang terjadi sebelumnya.

Jadi, ini akhirnya rahasia di balik gambar untuk kali ini. Aku merasa senang, biasa saja, dan lega. Aku juga punya kesan untuk kakak-kakaknya. Kak Mel suka bermain, dan permainannya seru. Kak Inu selalu bertanya jika ada pendapat yang kurang jelas. Jadi aku ingin berterimakasih kepada kakak-kakaknya dan teman-temanku: Efa, Lintang, Ahsan, Rashaun, Qorina, Devika,Naura, dan Bagas. Sepertinya tidak ada lagi yang ingin disampaikan, daahh!!

No comments:

Post a Comment